Dr. Ni Wayan Tianing, S.Si.,M.Kes.

Dibalik suksesnya program studi fisioterapi FK Unud pastinya ada tiang-tiang penyangga terutama adanya sosok pemimpin yang mengkoordinir. Kali ini akan dibahas mengenai Koordinator Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Berdasarkan data riwayat hidup (curriculum vitae) beliau, koordinator program studi fisioterapi FK Unud bernama lengkap Dr. Ni Wayan Tianing, S.Si.,M.Kes. Beliau lahir di Karangasem pada 20 Juli 1966. Bu tianing memiliki riwayat pendidikan perguruan tinggi yaitu pada tahun 1986 hingga 1993 telah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) pada fakultas MIPA jurusan kimia di Universitas Udayana. Kemudian pada tahun 1999 sampai 2002, beliau telah mendapatkan gelar magister biomedik di Universitas Brawijaya. Gelar doktor beliau dapatkan pada tahun 2015 pada jurusan biomedik Universitas Udayana.  Semenjak tahun 1998 sampai saat ini beliau masih aktif mengajar di program sarjana kedokteran umum FK Unud dengan membawakan materi kuliah biokimia (enzim) dan dasar-dasar biologi molekuler. Selain itu beliau juga aktif mengajar pada program sarjana kedokteran gigi FK Unud dengan materi vitamin, antioksidan dan radikal bebas terhitung sejak 2013 sampai sekarang. Pada program sarjana Fisioterapi FK Unud sejak tahun 2011 sampai sekarang aktif mengajar biokimia. Begitu pula di program sarjana keperawatan FK Unud, beliau sejak tahun 2012 sampai sekarang dengan materi metabolism protein dan pencernaan. Selain program pendidikan sarjana, beliau juga mengajar pada program magister fisiologi olahraga sejak tahun 2015 sampai sekarang.

Sebelum menjabat sebagai koordinator program studi fisioterapi, beliau pernah menjadi sekretaris laboratorium biologi molekuler FK Unud pada tahun 2004 hingga 2009. Pada tahun 2012 sampai 2017 beliau menjadi sekretaris unit publikasi dan validasi karya ilmiah FK Unud dan pernah menjadi sekretaris program studi Fisioterapi FK Unud pada tahun 2014 hingga 2017 yang kemudian diangkat sebagai koordinator program studi Fisioterapi FK Unud periode 2018 hingga 2022.  Berbagai organisasi pun beliau ikuti dan berperan aktif di dalamnnya, seperti organisasi kimia udayana (IKAMIA) sebagai anggota sejak tahun 1993 hingga sekarang. Perhimpunan biokimia dan biologi molekuler Indonesia (PBBMI) sejak tahun 2000 hingga sekarang, beliau masih aktif sebagai anggota. Beliau juga aktif sebagai anggota bidang peyuluhan dan registrasi kanker pada yayasan kanker Indonesia (YKI) cabang bali koordinator sejak tahun 2010 sampai sekarang. Pada tahun 2014, beliau berperan sebagai anggota dalam asosiasi fisioterapi Indonesia (AFTIPI).

Berbagai penelitian telah beliau publikasikan terhitung sejak tahun 2011- 2017 terdapat 5 penelitian yang telah diselesaikan. Selain itu karya ilmiah berupa jurnal telah beliau publikasikan sebanyak 5 terhitung dari tahun 2014-2017. Pada tahun 2017 beliau mempresentasikan karyanya di University Kyoto Jepang dengan topic basic of biologi molekuler.  Selain itu beliau juga memiliki banyak pengalaman sebagai pembicara dan peserta dalam seminar maupun konferensi internasional yang diselenggarakan oleh FK Unud, PBBMI dan Kyoto Jepang.

Dari sepenggal kata-kata diatas beliau sangat sesuai untuk membimbing fisioterapi FK Unud menjadi lebih baik karena pengalamannya baik didalam negeri maupun luar negeri. Untuk teman-teman yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai beliau, dapat menemui beliau di sekretariatan prodi fisioterapi di lantai 1 gedung fisioterapi atau dapat pula mengunduh CV beliau dibawah ini. . .
CV Koordinator Program Studi Fisioterapi FK Unud

#HMFisioterapiUnud

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *