Mudah Pegal Pada Telapak Kaki?

Hati-Hati Terkena Flat Foot!

Telapak kaki merupakan permukaan paling dasar yang menjadi tumpuan bagi kaki untuk berpijak. Tanpa telapak kaki, kita tidak dapat melakukan aktivitas bergerak seperti berjalan, berlari, dan juga melompat. Pada umumnya, orang dewasa memiliki telapak kaki yang melengkung. Lengkungan kaki terletak pada bagian tengah kaki di antara tumit dan jari kaki. Lengkungan ini memiliki fungsi sebagai pegas karena sifat elastis ligamen dan tendon yang membantu untuk mendukung lengkungan serta menghubungkan sendi.

Meskipun demikian, pada beberapa orang lengkungan tersebut dapat gagal berkembang pada masa kanak-kanak mereka, sehingga kaki menjadi datar. Kondisi ini dikenal sebagai flat foot atau kaki datar. Flat foot sebenarnya normal pada bayi dan balita, karena lengkungan kaki belum berkembang dan masih tertutup oleh jaringan lemak. Sedangkan, dalam beberapa kasus pada orang dewasa, kondisi ini biasanya terjadi karena tendon yang menghubungkan otot betis ke bagian dalam pergelangan kaki terluka, bengkak, atau robek. Jika lengkungan tidak terdukung dengan baik, rasa sakit di bagian dalam kaki, pergelangan kaki, dan juga di bagian luar pergelangan kaki dapat timbul. Kondisi ini dapat terjadi pada satu saja atau bahkan kedua telapak kaki. Flat foot juga dapat disebabkan oleh cedera, penyakit, dan juga genetik. Flat foot juga dapat diperparah akibat beberapa faktor, antara lain obesitas, kehamilan, bertambahnya usia, diabetes serta penggunaan sepatu yang sempit dan high heels yang terlalu tinggi.

 

Sumber gambar : www.shutterstock.com/EreborMountain

Istilah hypermobile pada flat foot menunjukkan bahwa terdapat terlalu banyak fleksibilitas pada kaki. Fleksibilitas yang melebihi batas normal ini disebabkan oleh tendon achilles yang menghubungkan tulang tumit ke otot betis. Apabila tendon ini terlalu ketat, rasa sakit dapat timbul saat berjalan dan berlari. Kondisi ini menyebabkan tumit terangkat sebelum waktunya saat berjalan atau berlari. Seperti flat foot fleksibel, kondisi flat foot fisiologis terjadi hampir pada semua bayi dan anak-anak serta sekitar 15% orang dewasa.

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, anda dapat melakukan pengecekan mandiri pada kaki anda dengan cara :

 

Sumber gambar: rchiips.org/Kore Chiropractic

 

  • Memeriksa Jejak Kaki

Saat pergi ke pantai atau kolam renang bahkan hanya sekedar ke kamar mandi, anda dapat melakukan pengecekan dengan mencetak kaki anda pada pasir pantai atau dengan meletakkan kaki anda pada media basah lalu ditempelkan pada media kering. Jika hasil cetakan terlihat penuh dan tidak menjorok ke dalam pada bagian tengah pinggir telapak kaki, maka anda mengalami flat foot.

  • Tes Jinjit

Tes ini dilakukan dengan berjinjit seperti balerina dan jika tidak terdapat lengkungan pada telapak kaki anda, berarti anda memiliki flat foot.

Nah, jika setelah melakukan pengecekan mandiri anda masih kurang yakin apakah anda mengalami kaki datar atau tidak, anda dapat pergi ke klinik fisioterapi meragukan keraguan anda. Pemeriksaan terhadap fisik dan kondisi Anda akan dilakukan oleh fisioterapis guna mengetahui diagnosis apakah Anda memiliki kaki datar dengan melakukan pemeriksaan pada kaki Anda berupa inspeksi, palpasi, menguji kekuatan dan penilaian gaya berjalan. Pemeriksaan ini harus disertai dengan perbandingan pada kaki yang tidak mengalami gejala flat foot ini.

Sumber :

Atik, Aziz. Ozyurek, Selahattin. 2014. “Flexible Flatfoot”. North Clin Istanbul. 1(1):57-64. Available at:

https://jag.journalagent.com/nci/pdfs/NCI_1_1_57_64.pdf

Sativani, Zahra. Pahlawi, Riza. 2020. “Latihan Penguatan Kaki terhadap Keseimbangan Postural dan Kemampuan Fungsional Kaki pada Anak Usia 6-10 Tahun

dengan Flexible Flatfoot”. LPPM Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros. pp 99-107. Available at:

https://media.neliti.com/media/publications/332462-foot-strengthening-exercise-on-postural-6ca6b954.pdf

Badii, Chitra. 2019. “What You Should Know About Flat Feet”. Heathline. Available at:

https://www.healthline.com/health/pes-planus#types

C., Uchechukwu. 2022. “Pes Planus”. Physiopedia. Available at:

https://www.physio-pedia.com/Pes_Planus

MacGill Alan. 2017. “How to determine if you have flat feet”. Spine & Orthopedic Centre. Available at:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *