KINESIO

Dewasa ini, setiap manusia dituntut agar dapat melakukan berbagai macam aktivitas untuk menunjang kebutuhan hidup. Untuk dapat menjalankan aktivitasnya, manusia juga harus menjaga kondisi kesehatannya baik secara jasmani maupun rohani. Di dalam kondisi kesehatan tubuh yang baik, tentunya dapat mempengaruhi efektivitas setiap aktivitas yang dilakukan. Semakin tinggi tingkat kebutuhan hidup yang harus dipenuhi seseorang semakin tinggi pula aktivitas yang harus dilakukan demi menunjang kebutuhan hidupnya yang akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. Kesehatan dalam fungsi dan gerak tubuh merupakan salah satu bagian terpenting dari kesehatan jasmani.

Dalam meningkatkan maupun memelihara maupun mengembangkan fungsi dan gerak tubuh adalah tugas dari fisioterapi. Sebagai calon fisioterapis, mahasiswa Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana wajib mampu melakukan tindakan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Adapun tindakan preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan dalam bentuk penyuluhan kesehatan mengenai kesehatan fungsi dan gerak tubuh.

Oleh karena itu, HM Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengadakan pendidikan kesehatan dan sosialisasi kesehatan yang merupakan rangkaian kegiatan dari program kerja Kegiatan Eksternal Sosial Fisioterapi (KINESIO) X (yang ke-10 tahun ini) dari bidang V (Pendidikan Profesi dan Kesehatan) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesehatan mengenai fungsi dan gerak tubuh dalam masyarakat baik dari segi penanganan maupun pencegahan sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. 

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

  1. Memperkenalkan Fisioterapi kepada masyarakat umum melalui program online dan offline.
  2. Memberikan edukasi ke masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara rajin berolahraga di masa pandemi.